A. SEKILAS TENTANG TUBERKULOSIS

Tuberkulosis adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB (Mycobacterium Tuberculosis). Sebagian besar kuman tuberkulosis (TB) menyerang paru, tetapi dapat juga mengenai organ tubuh lainnya. Sumber penularan adalah dahak yang mengandung kuman TB. Gejala umum TB pada orang dewasa adalah batuk yang terus-menerus dan berdahak, selama 2-3 minggu atau lebih.

Sumber penularan adalah pasien TB BTA positif, yaitu pasien yang pada dahaknya ditemukan kuman TB. Daya penularan seorang pasien ditentukan oleh banyaknya kuman TB yang dikeluarkan dari parunya. Makin tinggi derajat positif hasil pemeriksaan dahak, makin menular pasien tersebut. Kemungkinan seseorang terinfeksi TB ditentukan oleh konsentrasi droplet dalam udara dan lamanya menghirup udara tersebut. Faktor yang mempengaruhi kemungkinan seseorang menjadi pasien TB adalah daya tahan tubuh yang rendah; di antaranya karena gizi buruk, HIV/AIDS atau penyakit lain, misalnya diabetes melitus.

Tanpa pengobatan, setelah lima tahun, 50% dari pasien TB akan meninggal, 25% akan sembuh sendiri dengan daya tahan tubuh tinggi dan 25% sebagai kasus kronis yang tetap menular (WHO, 1996).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s