A. LATAR BELAKANG

Penanggulangan TB di Indonesia sudah berlangsung sejak zaman penjajahan Belanda namun terbatas pada kelompok tertentu. Setelah perang kemerdekaan, TB ditanggulangi melalui Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4). Sejak tahun 1969 penanggulangan dilakukan secara nasional melalui Puskesmas dengan penyediaan obat secara gratis. Obat yang digunakan mula-mula adalah paduan obat jangka panjang dengan Streptomisin, INH, PAS selama 1 (satu) dengan paduan obat INH, Rifampisin dan Etambutol. Selanjutnya sejak 1978 hanya digunakan obat jangka pendek dengan paduan INH, Rifampisin, Etambutol dan Pirazinamid.

Pada tahun 1994, Indonesia telah melakukan uji coba implementasi Strategi DOTS dengan demonstration area di Provinsi Jambi (Kabupaten Bungo Tebo) dan Jawa Timur (Kabupaten Sidoardjo). Hasil uji coba lapangan ini memberi angka kesembuhan yang tinggi lebih dari 85%. Angka kesembuhan yang tinggi ini penting untuk memutuskan rantai penularan dan mencegah terjadinya resistensi obat ganda atau Multi Drug Resistance (MDR) yang merupakan ancaman besar bagi masyarakat.

Sejak tahun 1995, program penanggulangan TB nasional mengadopsi Strategi DOTS dan menerapkannya pada Puskesmas secara bertahap. Sampai tahun 2000, hampir seluruh Puskesmas telah berkomitmen dan mengadopsi Strategi DOTS yang diintegrasikan dalam pelayanan primernya.

Pada kenyataannya, pasien TB bukan hanya datang ke Puskesmas, melainkan juga ke Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM)/ Balai Kesehatan Paru Masyarakat (BKPM), BP4 (Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru), Rumah Sakit, klinik, dokter praktek swasta (DPS) dan dokter perusahaan. Karena itu perlu ekspansi Strategi DOTS ke unit pelayanan kesehatan tersebut.

Secara nasional, penanggulangan TB mempunyai target angka kesembuhan ≥85% dengan cakupan pasien sedikitnya ≥70% dari perkiraan seluruh pasien baru BTA positif yang ada. Apabila keadaan ini dapat dipertahankan selama lima tahun berturut-turut, maka insidensi TB akan dapat diturunkan 50% dari kondisi 5 tahun sebelumnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s